Ridwan Kamil Terbukti Dongkrak Suara Golkar di Jabar

JAKARTA — Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu variabel melesatnya raihan suara Partai Golkar di Jabar dalam Pemilu Serentak tahun 2024.

Hasil hitung cepat (quick count) Pileg 2024 yang dirilis oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia, dengan jumlah suara masuk 86,40 persen sejak pukul 00.30 WIB dini hari tadi, menempatkan Partai Golkar di posisi kedua dengan raihan suara 14,75 persen.

Bacaan Lainnya

Ridwan Kamil : Siapa pun yang Terpilih itu TakdirFakta Ridwan Kamil Melakukan Saweran di Tasikmalaya Diungkap BawasluRidwan Kamil Dicecar 30 Pertanyaan Oleh Bawaslu Jabar

Ridwan Kamil yang juga didapuk sebagai Co-Chair Badan Pemenangan Pemilu Golkar dinilai menjadi salah variabel penting dalam mendongkrak partai berlambang pohon beringin ini di Jabar.

Menurut Pengamat Politik Universitas Padjajaran, Firman Manan menyebut bahwa Ketua TKD Prabowo-Gibran Jabar itu menjadi salah satu variabel yang berpengaruh, selain komposisi caleg yang diturunkan Partai Golkar di Pileg 2024 ini.

Pengaruh signifikan Ridwan Kamil terhadap elektabilitas Partai Golkar tak lepas dari latar belakang Ridwan Kamil sendiri. Diketahui, selain sempat memimpin Jabar selama lima tahun, Ridwan Kamil juga sangat populer di tengah masyarakat Jabar. Bahkan, Ridwan Kamil pun memiliki puluhan juta pengikut di media sosialnya hingga membuatnya menjadi media darling.

“Iya betul (Ridwan Kamil memberikan pengaruh signifikan), tapi tentu bukan variabel tunggal karena perlu kita lihat juga caleg-caleg yang maju di Partai Golkar itu juga banyak orang-orang populer punya basis massa di masing-masing dapilnya itu juga berpengaruh,” kata Firman Mana.

Selain itu, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto sangat solid hingga di akar rumput. Sehingga mesin partai yang bergerak sesuai dengan target yang dicanangkan Partai Golkar.

Penulis: RMOL

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *