KH. Irfan Faridi: Pelepasan Jamaah Haji KBIHU Arofah Muhammadiyah Brebes, Menguatkan Iman dan Silaturahmi!

PWMJATENG.COM, Brebes – Pada Jumat dini hari, (17/5) Masjid Raya Muhammadiyah H. Arman Thayfuri di Bumiayu, Brebes, menjadi saksi pelepasan 31 calon jamaah haji (CJH) dari Brebes Selatan yang tergabung dalam Kloter 27. Acara ini dihadiri oleh ulama kharismatik Muhammadiyah Brebes, KH. Irfan Faridi, yang memberikan tausyiah pencerahan dan memimpin doa pelepasan.

Irfan Faridi dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa kesempatan untuk naik haji adalah panggilan langsung dari Allah SWT. “Setiap calon jamaah haji harus mempersiapkan diri dengan baik, sehat, dan prima,” katanya. Ia juga menekankan pentingnya meluruskan niat hanya untuk beribadah kepada Allah dengan sabar dan ikhlas.

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Arofah Muhammadiyah Brebes, yang resmi dibentuk oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Brebes, memiliki peran penting dalam membimbing jamaah haji. “Seluruh warga Muhammadiyah sudah sepatutnya berangkat haji melalui KBIHU Arofah sebagai media dakwah yang berkemajuan,” tegas KH. Irfan Faridi.

Ketua PCM Bumiayu, Sukmono, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa total calon haji dari Kabupaten Brebes yang akan berangkat tahun ini mencapai 1.052 orang. “Alhamdulillah, KBIHU Arofah PDM Brebes pada tahun ini dapat memberangkatkan 53 calon jamaah haji, dengan 31 orang berasal dari Brebes Selatan,” ujarnya. Ia berharap seluruh jamaah dapat menjalani ibadah haji dengan sabar dan ikhlas serta kembali ke Brebes dengan predikat haji mabrur.

Baca juga, Halal-Haram Musik dan Nyanyian

Erma Muttaqin, pengurus KBIHU Arofah PDM Brebes, menjelaskan bahwa seluruh calon jamaah haji dari Kabupaten Brebes akan berangkat bersama dari Islamic Center Brebes menuju Madinah, Saudi Arabia, pada Sabtu, 18 Mei 2024, via Bandara Adi Sumarno Solo. “Tahun ini, calon jamaah haji dari KBIHU Arofah PDM Brebes meningkat menjadi 53 orang,” tambahnya.

Erma Muttaqin juga berpesan kepada para jamaah untuk menjaga kesehatan dan mengikuti arahan petugas haji. “Jagalah stamina tubuh agar dapat menunaikan rangkaian ibadah haji hingga tuntas,” pesannya.

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara, puluhan personil KOKAM Cabang Bumiayu dan Bantarkawung bekerja sama dengan Polsek Bumiayu dalam pengamanan pelepasan calon jamaah haji. Komandan KOKAM Cabang Bumiayu, Ndan Jarwoto, menyatakan, “Puluhan personil KOKAM bersinergi dengan Polsek Bumiayu untuk menjalankan tugas pengamanan proses keberangkatan calon jamaah haji.”

Acara pelepasan ini dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Ketua PCM Bumiayu, Ketua PCM Tonjong, Ketua PCM Sirampog, Sekretaris PCM Bantarkawung, KOKAM Bumiayu dan Bantarkawung, serta ribuan orang pengantar calon jamaah haji dari Brebes Selatan, meliputi Tonjong, Bumiayu, Sirampog, Paguyangan, dan Bantarkawung.

Dengan doa dan harapan, semoga para calon jamaah haji dari KBIHU Arofah PDM Brebes dapat menunaikan ibadah dengan baik, kembali ke tanah air dengan selamat, dan membawa berkah bagi diri mereka sendiri serta masyarakat sekitarnya.

Kontributor : Tarqum Aziz
Editor : M Taufiq Ulinuha

The post KH. Irfan Faridi: Pelepasan Jamaah Haji KBIHU Arofah Muhammadiyah Brebes, Menguatkan Iman dan Silaturahmi! appeared first on Muhammadiyah Jateng.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *