Serunya Kemah Religi SMP Muliya: Mendalami Kepanduan dan Muhasabah Spiritual

PWMJATENG.COM, Jepara – Siswa-siswi kelas 7 dan 8 MBS Ash-Shiddiq SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan, Jepara, mengalami kegembiraan dalam kegiatan Kemah Religi Akhir Tahun di Komplek Ponpes MBS Ash-Shiddiq. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat-Sabtu (24-25/5).

Kemah Religi merupakan bagian penting dari program tahunan sekolah untuk melatih siswa dalam aspek spiritual dan kepanduan. Kegiatan ini diisi dengan berbagai aktivitas yang memberikan pengalaman mendalam tentang kebersamaan, kedisiplinan, dan pengembangan diri.

Pembukaan kegiatan dimulai dengan pendirian tenda pada pagi hari diikuti dengan apel pembukaan dan sesi materi tentang kepanduan Hizbul Wathan. Peserta didik belajar tentang nilai-nilai kepanduan, kedisiplinan, dan tanggung jawab.

Selama petang, para peserta didik melanjutkan kegiatan pribadi mereka seperti tadarus dan tarjim Al-Qur’an sesuai kelompoknya hingga menjelang shalat Isya. Setelah shalat Isya, mereka melaksanakan muhasabah dan mempersiapkan fun game malam hari.

Baca juga, Muhammadiyah: Iduladha 2024 Jatuh pada 17 Juni

Dalam fun game, antar kelompok saling beradu yel-yel dan strategi untuk menyelesaikan berbagai tantangan dengan riang gembira. Hal ini memberikan pengalaman berharga dalam kerja tim, komunikasi, dan pemecahan masalah.

Muhasabah malam hari dipimpin oleh Andika Fajri M, selaku Kepala SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan. Dalam suasana gemerlap api unggun, beliau mengajak peserta untuk meresapi nikmat yang diberikan Allah SWT dengan lebih mendalam.

Diana Rahmawati, pembina Kepanduan Hizbul Wathan, menyatakan kegembiraannya atas lancarnya acara Kemah Religi. “Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin di SMP Muliya yang bertujuan untuk melatih siswa dalam ilmu kepanduan. Selain itu, pengalaman ini juga mengembangkan soft skill siswa seperti kemampuan berkomunikasi, kerja tim, dan pemecahan masalah,” ujarnya.

Kemah Religi menjadi momen berharga bagi siswa-siswi SMP Muliya untuk mendalami nilai-nilai kepanduan, meningkatkan kesadaran spiritual, dan mengasah keterampilan dalam suasana kebersamaan dan kegembiraan. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter dan persiapan masa depan siswa.

Kontributor : Suryo Bayu
Editor : M Taufiq Ulinuha

The post Serunya Kemah Religi SMP Muliya: Mendalami Kepanduan dan Muhasabah Spiritual appeared first on Muhammadiyah Jateng.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *