Iduladha Masjid At-Taqwa Ngaliyan: Layanan Qurban Perdana Siap Memikat Jamaah!

PWMJATENG.COM, Semarang – Tidak lama lagi, hari penyembelihan hewan qurban akan tiba. Bagi para sohibul qurban, ibadah ini bisa dilakukan secara mandiri, mulai dari pengadaan hewan hingga distribusi daging. Namun, karena tidak semua sohibul qurban mampu menjalankan sendiri, Masjid At-Taqwa Ngaliyan hadir dengan solusi.

Baru-baru ini diresmikan oleh Walikota Semarang, Masjid At-Taqwa Ngaliyan menyediakan layanan bagi jamaah yang ingin melaksanakan ibadah qurban. Persiapan sudah matang, panitia pelaksana telah dibentuk, dan semua peralatan penyembelihan telah siap. Bahkan, pelatihan penyembelihan sudah dilakukan seminggu yang lalu.

Ketua Takmir Masjid At-Taqwa Ngaliyan, Ahwan Fanani, berharap pelaksanaan ibadah qurban yang pertama kali di masjid ini berjalan lancar dan menjadi daya tarik dakwah Muhammadiyah di Ngaliyan. “Kami berharap, pelayanan ibadah qurban ini dapat berjalan baik dan mampu merangsang beberapa PRM di Ngaliyan untuk melayani ibadah qurban di lingkungannya masing-masing,” ujarnya pada Selasa (4/6).

Saat ini, penggalangan hewan qurban sudah membuahkan hasil dengan terkumpulnya dua ekor sapi dan satu ekor kambing hingga hari Selasa, 4 Juni 2024. Tim distribusi telah merencanakan tujuan distribusi daging dan melakukan pendataan calon penerima manfaat, termasuk jamaah masjid, santri pondok, santri TPQ, warga lingkungan, dan warga persyarikatan. Menurut penghitungan panitia, diperlukan sekitar 400 paket daging untuk memenuhi kebutuhan distribusi tersebut.

Baca juga, Ramai Pemberian IUP kepada Ormas Keagamaan, Ini Tanggapan Ketua PWM Jawa Tengah

Ketua Panitia Qurban, Ripai, menyampaikan bahwa masih ada beberapa hari lagi bagi panitia untuk menerima pendaftaran kepesertaan qurban di Masjid At-Taqwa. “Karena keterbatasan personel, panitia membatasi penerimaan hewan qurban maksimal lima ekor sapi. Jika ada kelebihan, akan disalurkan dalam bentuk hewan utuh yang sudah disembelih,” jelas Ripai.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, Masjid At-Taqwa Ngaliyan siap melayani jamaah dalam menjalankan ibadah qurban. Kehadiran layanan ini diharapkan dapat mempermudah para sohibul qurban dan memastikan distribusi daging qurban berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

Sebagai bentuk komitmen untuk melayani dan mendukung pelaksanaan ibadah qurban, Masjid At-Taqwa juga berusaha mengedukasi jamaah melalui pelatihan dan penyuluhan terkait proses penyembelihan hewan qurban. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa seluruh proses ibadah qurban dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam dan memenuhi standar kebersihan serta kesehatan.

Dengan adanya layanan qurban di Masjid At-Taqwa, diharapkan dapat memperkuat semangat kebersamaan dan gotong royong di kalangan jamaah, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya berbagi dengan sesama, khususnya mereka yang membutuhkan. Mari kita sambut hari penyembelihan hewan qurban dengan penuh semangat dan keikhlasan, serta tetap menjaga kebersamaan dalam berbagi berkah qurban kepada sesama.

Editor : M Taufiq Ulinuha

The post Iduladha Masjid At-Taqwa Ngaliyan: Layanan Qurban Perdana Siap Memikat Jamaah! appeared first on Muhammadiyah Jateng.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *