Suasana Salat Iduladha dan Kurban di Masjid Al-Istiqomah: Meriah dan Khidmat!

PWMJATENG.COM, Jepara – Pada Senin, 17 Juni 2024, bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1445 H, Takmir Masjid Al-Istiqomah Tahunan menggelar salat Iduladha yang berlangsung di halaman masjid. Jamaah dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja hingga lansia, terlihat mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WIB.

Para jamaah pria memenuhi saf depan dengan tertib, sementara jamaah wanita mengisi saf di belakang dengan rapi, duduk di atas terpal yang dilapisi karpet. Sebelum salat dimulai, panitia mengumumkan bahwa tahun ini terdapat 42 shohibul kurban dengan enam ekor sapi yang siap dikurbankan. Abdul Haris Zulmi bertindak sebagai imam dan khatib pada salat Idul Adha kali ini.

Setelah memimpin salat, Abdul Haris Zulmi menyampaikan khutbah yang mengajak jamaah untuk selalu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt. “Mari kita laksanakan perintah Allah Swt. dan berusaha sekuat tenaga untuk meninggalkan segala larangan-Nya,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan jamaah bahwa pada hari ini, seluruh umat Islam di dunia berkumpul di tanah lapang, masjid, atau musala untuk melaksanakan salat Id serta mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil. “Umat Islam menyembelih hewan kurban sebagai perintah Allah Swt. dalam surat Al-Kautsar ayat 1-3,” jelasnya, mengutip ayat tersebut.

Baca juga, Tawaran Tambang Ormas: Antara Etis dan Pragmatis

Abdul Haris Zulmi menekankan bahwa berkurban merupakan bentuk kepedulian dan empati kepada sesama. “Hewan kurban yang sudah disembelih dan dagingnya dibagikan dapat menambah rasa persaudaraan dan persatuan umat, sekaligus meningkatkan rasa empati dan sepenanggungan antar sesama Muslim,” imbuhnya. Ia juga mengutip sabda Rasulullah Saw. tentang pentingnya peduli terhadap tetangga yang kelaparan.

Menutup khutbahnya, Abdul Haris Zulmi berpesan agar kaum Muslimin selalu berpihak kepada sesama Muslim. “Senang membantu, berinfak dalam kegiatan sosial kemasyarakatan sehingga hidup bisa lebih cerah dan bahagia, serta bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” pesannya.

Usai salat Id, jamaah berbondong-bondong menuju lokasi penyembelihan hewan kurban yang tidak jauh dari tempat salat. Tim penyembelihan, dipimpin oleh Mi’an, telah bersiap melaksanakan prosesi tersebut. Para jamaah dan shohibul kurban menyaksikan proses penyembelihan dengan penuh antusias.

Pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan kurban di Masjid Al-Istiqomah Tahunan berlangsung meriah dan khidmat. Selain sebagai ibadah, kegiatan ini juga mempererat silaturahmi dan meningkatkan rasa solidaritas di antara umat Islam. Semangat kebersamaan dan kepedulian sosial yang tercermin dalam perayaan ini diharapkan dapat terus terjaga dan berkembang di masa mendatang.

Kontributor : Muslim
Editor : M Taufiq Ulinuha

The post Suasana Salat Iduladha dan Kurban di Masjid Al-Istiqomah: Meriah dan Khidmat! appeared first on Muhammadiyah Jateng.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *