Perkenalkan Nilai-nilai Kemanusiaan dan Spiritualitas pada Siswa, SD Muhammadiyah Palur Sembelih Hewan Kurban

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – SD Muhammadiyah Palur melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 1445 H, Senin, 17 Juni 2024. Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian umat Islam kepada Allah Swt.

Sebagai wujud cinta dan ketaatan kepada Allah, umat Muslim melaksanakan ibadah kurban pada 10 Dzulhijjah setiap tahun. Pada tahun ini, SD Muhammadiyah Palur menyembelih 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Selain itu, 1 ekor kambing disalurkan kepada Lazismu PDM Sukoharjo.

Hasil penyembelihan hewan kurban dibagikan kepada siswa-siswi yang berhak serta warga sekitar sekolah. Kegiatan ini tidak hanya menjadi bentuk rasa syukur tetapi juga mempererat hubungan antara sekolah dan masyarakat sekitar.

Pemotongan hewan kurban disaksikan langsung oleh para shahibul qurban, siswa, orang tua, dan guru. Kamal Maruapey, selaku ketua panitia, menjelaskan pentingnya kegiatan ini. “Kegiatan Iduladha ini merupakan momen berharga bagi kami di SD Muhammadiyah Palur. Selain memperkenalkan nilai-nilai agama melalui kurban, kami ingin mengajarkan siswa tentang pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama. Kami berharap kegiatan ini memberikan dampak positif dalam membentuk karakter siswa,” ujar Kamal.

Baca juga, Memakmurkan Masjid Muhammadiyah

Lebih lanjut, Kamal menyampaikan harapannya agar ibadah kurban yang dilaksanakan dapat meningkatkan ketakwaan dan kepedulian sosial. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para shahibul kurban, orang tua, dan siswa atas partisipasinya dalam kegiatan Senyum Qurban SDMP. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah Swt.,” ungkapnya.

Kepala SD Muhammadiyah Palur, Noor Afifah Racmawati, juga menegaskan pentingnya program Senyum Qurban yang rutin diadakan setiap tahun. “Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sekolah terhadap lingkungan sekitar. Kami berharap dapat meningkatkan ikatan sosial di masyarakat,” tutur Noor.

Kegiatan kurban di SD Muhammadiyah Palur tidak hanya sebagai ibadah, tetapi juga sarana edukasi bagi siswa tentang nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian. Dengan melibatkan seluruh elemen sekolah dan masyarakat, kegiatan ini diharapkan bisa terus dilaksanakan dan memberikan manfaat yang luas.

Penyembelihan hewan kurban ini menjadi momen yang dinantikan oleh seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar. Selain memberikan pelajaran berharga bagi siswa, kegiatan ini juga menjadi bukti nyata kepedulian SD Muhammadiyah Palur terhadap lingkungan sekitarnya.

Kontributor : Choerul Anam
Editor : M Taufiq Ulinuha

The post Perkenalkan Nilai-nilai Kemanusiaan dan Spiritualitas pada Siswa, SD Muhammadiyah Palur Sembelih Hewan Kurban appeared first on Muhammadiyah Jateng.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *