Kehadiran Tuhan yang Maha Mengetahui dan Teliti Terhadap Umat-Nya: Bagian Ketigabelas

Kehadiran Tuhan yang Maha Mengetahui dan Teliti Terhadap Umat-Nya: Bagian Ketigabelas

Oleh : Rumini Zulfikar (Gus Zul) (Penasehat PRM Troketon, Anggota Bidang Syiar MPM PDM Klaten, Anggota Majelis MPI & HAM PCM Pedan)

PWMJATENG.COM – “Allah yang Maha Segalanya tidak terbandingkan dengan siapa pun.”

Dalam konteks yang lebih dalam, Allah yang Maha Mengetahui memiliki pemahaman yang luas terhadap apa pun yang terjadi dalam hati dan pikiran manusia, bahkan jika hal tersebut tidak terlihat secara kasat mata. Allah selalu mengetahui dan memperhatikan segala tindakan dan pemikiran kita, bahkan saat kita hanya berbicara secara batiniah.

Meskipun teknologi seperti CCTV dapat membantu dalam pengawasan, namun kebijaksanaan dan ketelitian Allah tidak dapat ditembus oleh teknologi manusia. Hal ini penting untuk diingat, sehingga kita dapat lebih berhati-hati dalam berperilaku dan berbicara, menghindari tindakan dan kata-kata yang dapat berdampak negatif dan menyebabkan dosa.

Baca juga, Merawat Kemabruran Haji

Surat Al Mulk ayat 13 dengan jelas mengingatkan kita tentang kebijaksanaan Allah dalam memahami isi hati:

وَاَسِرُّوۡا قَوۡلَـكُمۡ اَوِ اجۡهَرُوۡا بِهٖؕ اِنَّهٗ عَلِيۡمٌۢ بِذَاتِ الصُّدُوۡرِ

“Dan rahasiakanlah perkataanmu atau nyatakanlah. Sungguh, Dia Maha Mengetahui segala isi hati.”

Hikmah dari Kandungan Surat Al Mulk Ayat 13

Dalam segala hal, baik yang kita pikirkan secara dalam maupun yang kita ucapkan secara langsung, Allah mengetahui semuanya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga hati, ucapan, dan perilaku kita. Meskipun kita mungkin dapat menyembunyikan atau memanipulasi hal-hal di depan orang lain, namun Allah tidak dapat diperdaya.

Editor : M Taufiq Ulinuha

The post Kehadiran Tuhan yang Maha Mengetahui dan Teliti Terhadap Umat-Nya: Bagian Ketigabelas appeared first on Muhammadiyah Jateng.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *